Senin, 28 Mei 2012

ARTIKEL LAIN TENTANG CARA BERMAIN TENIS

POSISI DAN GEOMETRY PERMAINAN TENIS :

Permainan tenis bisa dikatakan sebagai permainan yang menuntut otak kita untuk berpikir dalam suatu dimensi ruang dan juga waktu. Kenapa saya katakan begini, karena permainan tenis dibatasi oleh suatu garis-garis dan bidang dimana kita bisa dan tidak bisa menempatkan bola, sedangkan waktu tempuh bola dari satu sisi lapangan menuju sisi lapangan lain turut andil dalam suatu kerangka pola permainan. Yang akan saya bahas saat ini adalah mengenai posisi serta geometri dalam permainan tenis yang umum.
Ada beberapa “rule of thumb” dalam permainan tenis yang patut kita ketahui. Berikut akan kita coba membahas satu per satu apa saja.
1. Pukulan Menyilang (Cross Court) lebih baik daripada Lurus (Down the Line)
Ini adalah prinsip dasar dalam geometri permainan tenis. Adapun alasannya adalah pukulan cross court akan melewati bagian net yang paling rendah dan jarak diagonal yang lebih panjang sekitar 7 feet/ 2 meter daripada pukulan down the line sehingga memperkecil resiko kita untuk melakukan kesalahan.
cross-court.jpg
Ini bukan berarti bahwa pukulan down the line tidak baik dilakukan. Boleh dilakukan, namun pada waktu yang tepat karena bola akan melintas pada bagian net yang paling tinggi dengan jarak tempuh yang lebih pendek. Oleh karena itu kita sering sekali melihat pola pemain tenis pro bertukar pukulan menyilang hingga mendapatkan kesempatan bola pendek di dalam garis permainan dan dihabiskan dengan pukulan down the line. 

TIPE-TIPE PERMAINAN TENIS

Artikel kali ini saya ambil dari tulisannya Ron White, seorang pelatih tenis USPTA atau Pelti-nya Amerika. Tulisan ini tak lain untuk mengevaluasi diri anda termasuk ke dalam tipe pemain yang seperti apakah anda.
Dalam penuturan White, setidaknya dalam dunia tenis ada 2 tipe pemain. Katakanlah dalam hal ini Tipe A dan Tipe B. Apakah Tipe A dan Tipe B itu:
Tipe A
Tipe pemain A umumnya memiliki teknik yang bagus. Pemain jenis ini senang bermain dengan style atau keindahan. Pada harinya ia akan bermain dengan cantik, mengkover seluruh lapangan dan menutup permainan dengan senjata pamungkasnya. Setidaknya pemain ini memiliki satu jenis pukulan yang mematikan.
Namun pemain Tipe A memiliki kelemahan di mental. Terkadang bila bertemu lawan yang permainannya tidak cocok atau kondisi di sekitarnya, seperti tipe lapangan atau cuaca yang tidak cocok, maka permainannya menjadi kacau. Kesimpulannya, bila pemain ini bermain di luar zona kenyamanannya maka otomatis permainannya menjadi kacau dan itu terlihat dari bahasa tubuhnya atau emosinya.
Di tenis pro, ada beberapa nama yang bisa diklasifikasikan dalam pemain yang bertipe A, seperti Marat Safin, Goran Ivanisevic atau Venus William



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PHOTO PEKERJAAN MARET 2020

P HOTO PEKERJAAN  REHAB LAPANGAN TENIS FLEKSIPAVE KE II PERUMAHAN DOLOG, ANGKASA PURA, JAYAPURA, PAPUA